Pengajar sering kali merasa kesulitan untuk memberikan materi kepada pelajar untuk meningkatkan antusiasme mereka dalam mengikuti pendidikan. Padahal, baik dalam memberikan pembelajaran secara tradisional maupun e-learning, memberikan pembelajaran dengan metode gamifikasi akan memberikan efek yang positif bagi pelajar. Berikut adalah beberapa manfaat dari gamifikasi yang Anda lakukan. 1. Menjadikan pembelajaran menyenangkan dan interaktif Terlepas dari pelajar atau materi pelajaran Anda, gamifikasi pembelajaran dapat membantu Anda membuat konten yang menarik, mendidik dan menghibur. Ini tidak dimaksudkan untuk mengubah pekerjaan menjadi permainan, tetapi ini diberikan untuk memainkan psikologi yang mendorong keterlibatan manusia. Imbalannya bisa sangat memuaskan dan sangat memotivasi pelajar. Salah satu manfaat utama gamifikasi adalah membuat pembelajaran menjadi informatif dan mengasyikkan, terutama berkat interaktivitasnya. Elemen permainan dan persaingan menambahkan sudut pandang yang mendalam, yang, jika diatur dengan baik, dapat membuat belajar menjadi menyenangkan. 2. Menciptakan keinginan lebih untuk belajar Jika Anda harus menentukan satu-satunya tujuan pembelajaran yang paling penting, itu pasti untuk menanamkan pengetahuan baru pada peserta didik Anda. Tetapi seberapa berguna pengetahuan itu jika tidak dapat dipertahankan? Dari gamifikasi dalam pembelajaran, manfaat alami yang dapat diberikan kepada pelajar dan berdampak besar pada retensi pengetahuan. Ketika otak kita ingin memberi penghargaan, otak melepaskan dopamin ke dalam tubuh kita, jadi ketika kita memenangkan permainan atau mencapai sesuatu yang penting bagi kita, kita merasa lebih baik. 3. Memberi pelajar kesempatan untuk melihat aplikasi dunia nyata Manfaat ketiga dari gamifikasi adalah membuat pelajar terjun langsung untuk mengamati pembelajaran. Belajar sambil bekerja dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk memperkuat keterampilan dengan menerapkannya dalam skenario praktis. Gamifikasi pembelajaran memungkinkan pelajar untuk melihat aplikasi dunia nyata dan manfaat dari materi pelajaran yang mereka ikuti. Mereka bisa melihat langsung bagaimana pilihan mereka dalam permainan menghasilkan konsekuensi atau hadiah. 4. Menawarkan umpan balik saat itu juga Bayangkan jika kita hanya menghitung seberapa baik yang kita lakukan dalam hidup setahun sekali. Pekerjaan, hubungan dan hal apa pun yang kita lakukan secara teratur, mungkin membuat kita jenuh. Gamifikasi pembelajaran memungkinkan pelajar untuk belajar menuju target waktu yang diberikan, terukur, bermakna, dan mendapatkan umpan balik secara langsung saat target tersebut tercapai. Bagaimana pun, pelajar tidak akan pernah berkembang jika tidak dapat menemukan apa yang perlu Anda lakukan lebih baik atau mengetahui cara meningkatkan keterampilan.